Sunday 17 November 2013

Kharon - Pendayung di Dunia Bawah

Dalam mitologi Yunani, Kharon ( bahasa Yunani :Χάρων) adalah seorang pendayung yang berada di sungai Dunia Bawah. Dia adalah anak dari Erebos dan Niks.

Kharon bertugas membawa dan menyeberangkan roh orang mati dengan menggunakan perahunya untuk menyeberangi sungai Akheron atau sungai Stiks. Kharon meminta bayaran berupa Obolos (koin perak Yunani) jika ingin naik perahunya. Oleh karena itu, orang-orang Yunani kuno selalu menyimpan sekeping koin di mulut jenazah sebelum dibakar atau dimakamkan. Bagi mereka yang tak punya koin, maka mereka tidak boleh menyeberang dan harus menunggu di tepi sungai Akheron atau sungai Stiks selama ratusan tahun.

Namun, Kharon beberapa kali membiarkan manusia yang masih hidup untuk menaiki perahunya. Psikhe, Theseus Peirithos membayar Kharon supaya bisa menyeberang. Herakles bisa menyeberangi sungai Akheron atau Stiks setelah mengancam Kharon. Sedangkan Orfeus dapat menaiki perahu berkat permainan musiknya yang hebat.

Tidak jelas apakah Kharon adalah dewa Minor, spirit, atau hanya seorang makhluk abadi. Kharon kadang digambarkan sebagai pria berpenampilan kuno yang mengenakan cawat. 

1 comment: