Wednesday 27 November 2013

RATU LAUT SELATAN (KANJENG RATU KIDUL) ~ Penguasa Pantai Selatan

 Lukisan yang menggambarkan
 wujud Kanjeng Ratu Kidul

Dalam kalangan masyarakat penghuni Pulau Jawa dan Bali, Ratu Laut Selatan atau Kanjeng Ratu Kidul adalah tokoh legenda yang sangat populer. Kepercayaan akan adanya penguasa lautan di selatan Jawa (Samudera Hindia) dikenal terutama oleh suku Sunda dan suku Jawa. Orang Bali juga meyakini adanya kekuatan yang menguasai pantai selatan ini.

Legenda

Tidak diketahui dengan pasti sejak kapan legenda ini dikenal. Namun, legenda mengenai penguasa mistik pantai selatan ini mencapai tingkat tertinggi pada keyakinan yang dikenal di kalangan penguasa keraton dinasti Mataram Islam (Kesultanan Yogyakarta dan Kasunanan Surakarta) bahwa penguasa pantai selatan (Kanjeng Ratu Kidul) merupakan "istri spiritual" bagi raja-raja di kedua kraton tersebut.

Pada saat tertentu, kraton memberikan persembahan di Pantai Parangkusuma, Bantul, dan di Pantai Paranggupita -Wonogiri, kepada sang Ratu. Panggung Sanggabuwana di komplek kraton Surakarta dipercaya sebagai tempat bercengkerama sang Sunan dengan Kanjeng Ratu. Konon, Sang Ratu tampil sebagai perempuan muda dan cantik pada saat bulan muda hingga purnama, namun berangsur-angsur menua dan buruk pada saat bulan menuju bulan mati.

1 comment:

  1. RATU LAUT SELATAN 9-naga..ABAD.1.-..PANGANDARAN..-..TELAGAREMIS..................9-NAGA.JUGA DRAGON GOTHAM-KRAKEN--..--AKAN SAYA KUAT--BERDASARKAN..ANALISIS ASSASSIN INDENTITY---.--PETER SOLLBERG KRISTIANTO DEWAWARMAN I ....-TAHTA..QUEN SKARLET DIANA ARETEMISA....CASTLE BENUA BIRU NORWEGIA..ATLANTA--.ANTARTIKA------------MANTAN MOTREALEWA.-SINGGING...-JUPPITER--MONTECARLO ..SOCROPIONU STRONG--ISSAC..ICECUBE..SOPORRION ENERGI..--BEBATUAN SAYA DI BUNUH OLEH LORD VIKING..BANTEN RI-PANDEGLANG 223-KALAH ..LORDVIKING..239..LOKASI.PERTEMPURAN-..BAWAH ..DASAR SEGITIGABERMUDA...-RI...MASEHI--...-ASAL GUE ...NORWEGIA---ISTENA......EROFA--..7..ENERGI TELAHKUASI..PETER SOLLBERG -----JL-KH AHMAD DAHLAN ..RAJA PAJAJARAN..CALON PAMAN...TEJO ..ULUN--WASTUKANCANA.............--CALON BIBI KITENA--.SEA-OF..QUEEN--SWEDEN...CALIBRE .CASE...............ORRTU-..NISTARA-...JOKO TINGKIR.ABU UMAR ABU ALI BIN KHOTOB.......KING SULAWEMAN..-.HONGARIA.PEREBUTAN TAHTA-...DELAPAN--ATMOSHER...YAITU PLANET--..ZAMAN KURE--ABAD..1.-PERBUTAN ..8 PLANET.-.......SIAPA YANG BERTAHAN HIDUP...SEJAK..56 MASEHI..SAMPAI 2018..ITULAH .KUASA SESUNGGUHNYA...PETTER SOLLBERG...........-..MATI...31 ..PERNAH..DIBAKAR.HIDUP-HIDUP..TERBAKAR PUN SEMPAT..F-1....1970...DEBUTE KIPRAH TERAKHIR..JET-HIDRA JET DARAT.........MESIN TUNGGAL'-KECEPATAN --..300..KM.PER.DETIK.

    ReplyDelete